Home » » Proposal Majalah Sekolah

Proposal Majalah Sekolah


PENDAHULUAN
Jurnalistik merupakan ilmu yang akrab dengan masyarakat sehari-hari. Ia ada di televisi, majalah, koran, radio dan internet.  Jurnalistik dengan kelenturannya juga bisa masuk di pelbagai disiplin ilmu. Ia tidak hanya mengasah ketrampilan menulis—bagi orang yang mempelajari jurnalistik— namun lebih jauh mengajak orang untuk berfikir lebih dalam, bagi orang yang mempelajarinya.

Mengapa Jurnalistik Pelajar ?
Jurnalistik Pelajar, dimaksudkan untuk membangun kelompok-kelompok jurnalistik di tingkat pelajar. Hal ini merupakan upaya pensiasatan untuk kalangan pelajar mengisi waktu senggangnya—selepas kegiatan pendidikan wajib di sekolah. Upaya ini, juga berjalan beriringan dengan program pendidikan nasional, kurikulum berbasis kompetensi. Kompetensi yang ditawarkan dalam program ini adalah menulis. Ragam penulisan yang sedemikian banyak bisa menjadi pilihan para pelajar untuk mengekspresikan dirinya. Membuat cerita pendek, puisi, tulisan berita dan novel. Di luar ekspresi-ekspresi yang telah menjadi paradigma para pelajar- ‘nongkrong di mall, nonton di bioskop, les privat bahkan tawuran’.
Biasanya, sekolah-sekolah memiliki media majalah dinding atau majalah sekolah. Yang dikelola bersama guru dan murid. Hal ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Namun, kegiatan jurnalistik tidak berhenti begitu saja seusai majalah dinding di kreasi atau majalah sekolah di terbitkan. Ada banyak pendalaman yang bisa dilakukan untuk lebih mengasah bakat dan kemampuan jurnalistik/menulis seseorang.

Maksud ;
Kelompok Jurnalistik bermaksud untuk menciptakan budaya kreatif, kritis dan inovatif di tingkat pelajar.

Bentuk Kegiatan ;
Kegiatan kelompok jurnalistik tidak berbeda dengan kegiatan pendidikan secara umum. Pemberian materi, kegiatan diskusi dan tindak lanjut untuk membuat produk jurnalistik (majalah dinding, majalah sekolah, koran sekolah dll). Kegiatan ini dilakukan selepas kegiatan pendidikan wajib di sekolah. Dengan pembimbing dan fasilitator dari kelompok jurnalistik mahasiswa dan wartawan profesional.

Fasilitator ;
Fasilitator kelompok jurnalistik pelajar adalah mahasiswa-mahasiswa yang menggeluti kegiatan jurnalistik di kampusnya—juga beberapa wartawan profesional.

Materi Dasar Kegiatan kelompok Jurnalistik Pelajar
Waktu
Materi
Kegiatan
Target

Pertemuan ke 1

  Jurnalistik di Indonesia


Ceramah dan diskusi.


Peserta tahu dan memahami akan jurnalistik di Indonesia

Pertemuan ke 2


Manajemen Redaksi


Ceramah, diskusi dan praktek

Peserta tahu dan memahami keredaksian untuk membentuk produk jurnalistik


Pertemuan ke 3


Teknik Reportase


Ceramah, diskusi dan praktek

Peserta tahu dan memahami, dan dapat melakukan kegiatan reportase


Pertemuan ke 4


Teknik Menulis Berita


Ceramah, diskusi dan praktek

Peserta tahu dan memahami, dan dapat melakukan penulisan berita


Pertemuan ke 5

Tata letak dan produksi

Ceramah, diskusi dan praktek. Dilakukan dalam bentuk kelompok


Peserta dapat membuat tata letak dan memproduksi sendiri karya jurnalistiknya.

Setelah kegiatan dasar dilakukan, peserta kelompok jurnalistik pelajar bebas untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya.

Materi Lanjutan Kelompok Jurnalistik Pelajar


1 komentar:

  1. Saya Dedy Priatna, Guru di SMAN 1 Telagasari Karawang Jawa Barat, dengan ini mohon informasi yang sejelas-jelasnya tentang cara dan jasa pembuatan Majalah Sekolah. Agar lebih jelas, saya berharap Bapak mengirimkan Surat Penawaran kepada kami plus contoh Majalah Sekolah yang sudah/ pernah Bapak Cetak. Kirimkan Surat Penawaran Bapak ke: a.n. DEDY PRIATNA, S.Pd. d.a. SMAN 1 Telagasari Jln. Raya Telagasari Timur Karawang.

    BalasHapus

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger