Berikut adalah tips yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kualitas kalian secara cepat. Oh iya artikel ini ditujukan lebih ke profesi web designer.
1. Persingkat waktu penyelesaian
Banyak sekali cara untuk mempersingkat waktu penyelesaian seperti penggunaan Content Management System (CMS) umum seperti Joomla, Wordpress, Drupal dan lainnya. Mereka datang dengan banyak sekali tambahan fitur yang bisa kita unduh secara gratis (ada beberapa juga yang berbayar) dan sangat mudah diubah sesuai dengan keinginan kita.Pusing dengan CSS? Kalian bisa coba menggunakan grid-based CSS layout seperti Blueprint CSS atau 960. Dengan grid-layouting, waktu pembuatan HTML + CSS bisa menjadi sangat dipersingkat.
Workflow ribet? Coba direvisi lagi cara kerja kalian. Mungkin terlalu bertele-tele, atau mungkin terlalu lepas. Jangan takut untuk mengubah cara kalian bekerja karena pengaruhnya akan sangat banyak untuk kedepan dan seterusnya.
Editor tidak cocok? Coba gunakan Coda, Textmate, Adobe Dreamweaver atau banyak lagi yang lain. Jangan lupa untuk mengecek versi terbaru dari editor tersebut, siapa tahu fitur-fitur barunya adalah fitur yang selalu Anda inginkan dan bisa mempercepat waktu kerja.
2. Jangan pernah berhenti belajar
Jangan mau puas dengan yang sudah Anda pelajari! Teknologi setiap hari berkembang dan sangat pesat sekali berkembangnya. Anda harus siap meninggalkan cara lama Anda dan pindah ke cara yang lebih efisien dan lebih baik. Selalu sigap melihat peluang dan teknologi baru yang bisa membantu Anda dan tim Anda bekerja lebih baik.Saya sendiri dalam tahun 2008 berpindah-pindah dari Wordpress, Joomla, Drupal, OsCommerce, lalu mencoba framework PHP seperti cakePHP, CodeIgniter untuk custom web development. Untuk editor saya berganti dari Textmate ke Coda dan untuk CSS saya sudah selalu menggunakan blueprint CSS Framework.
Selalu ada di ujung berita teknologi juga merupakan nilai tambah bagi klien Anda, atau setidaknya Anda akan terlihat sangat tahu segalanya bila sedang berbicara dengan mereka
3. Balas email segera!
Hal ini sering sekali dilupakan dan taken for granted. Banyak dari kita yang jarang bahkan tidak pernah bertemu sekalipun dengan klien kita, sewajarnya dong bagi mereka untuk selalu mengecek pekerjaan kita (baca: panik!). Memang mengganggu si, tapi sungguh sangat baik bila kita bisa segera membalas email mereka walaupun kita hanya membalas: “Ok, akan saya cek hari ini pak.”.Jangan lupa untuk mengabari klien sering-sering. Saya terkadang mengirimkan email perkembangan secara singkat tentang apa yang sudah saya kerjakan dalam (misalnya) 2 hari ini dengan nada yang cukup santai (semi-formal) dan diakhiri dengan: “sampai bertemu di meeting selanjutnya”. Tidak harus panjang, jangan kaku. Sederhana saja, tapi sering. Hal ini diharapkan bisa membuat klien merasa lebih diperhatikan (dan tentu saja lebih tenang).
Ok, coba kalian lakukan 3 hal tersebut dan bagi pengalaman kalian disini. Apakah berhasil juga bagi kalian?
NB: Ini tulisan Copas dari sumber
0 komentar:
Posting Komentar