Secara definisi buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. (Buckingham, 1958 :1523). Buku teks adalah rekaman pikiran rasional yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional (Hall_Quest, 1915). Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus studi” dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan. (Lange, 1940). “Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. (Bacon, 1935). “Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran” dalam pengertian modern dan yang umum dipahami. (Buckingham, 1958 : 1523).
Dari beberapa definisi tersebut, disimpulkan bahwa buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud dan tujuan-tujuan intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.
Bila melihat perjodohan diatas kurikulum dengan silabus, silabus dengan saling support dengan RPP. Kaitan kurikulum dengan buku teks lebih dekat dan akrab bahkan sehati. Pasalnya bila kurikulum mengalami perubahan, maka buku teks pun harus menyesuaikan dirinya. Maka dari itu wajar, bila buku-buku mata pelajaran terdahulu kadang tidak berlaku hari ini, bahkan bila diperbandingkan akan terdapat benyak perubahan
Peran buku teks sendiri sangat lah mendominasi, disamping penulis buku teks itu memang harus memahami dasar-dasar kurikulum yang digunakan juga memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Kita sebagai guru maupun murid begitu sadar bukan, akan pentingnya buku teks dalam proses pembelajaran karena dengan adanya buku teks akan mempermudah pemahaman pula
Buku teks harus memiliki kepekaan khusus untuk mengetahui setiap perubahan yang terjadi di kurikulum. Karena bila hal itu terabaikan. Maka tujuan kurikulum yang telah termaktub akan sulit terealisasi dalam proses pembelajaran. Faktanya guru lebih dekat dengan buku teks dibandingkan dengan kurikulum itu sendiri, karena para guru terlalu yakin bahwa buku teks yang dianjurkan pemerintah telah mengacu pada kurikulum yang berlaku dizaman itu
0 komentar:
Posting Komentar